Liga Indonesia

Apalagi dengan sangat jelas ketua PSSI juga sebagai Gubernur Sumut dan ini sangat mencolok sekali, di Level Liga 1 yang katanya Profesional. Ketidakjelasan kompetisi Liga Super Indonesia tidak membuat Ismed patah arang melanjutkan kariernya sebagai pesepakbola profesional. Dia selalu mempunyai ambisi untuk tetap melanjutkan profesi ini hingga benar-benar tidak dibutuhkan Persija atau klub lainnya. Memang, PSSI bukan satu-satunya aktor dibalik itu semua, jika dirunut dari belakang, seharusnya ada juga peran Menpora yang sudah tentu harus bisa mengayomi permasalahan sepakbola di Indonesia ini. Kita tidak akan menyudutkan pihak-pihak terkait tersebut, karena semua sudah pasti harus bekerja sama bahu membahu untuk kemajuan persepakbolaan di Indonesia ini.

Persiraja Banda Aceh memilih Stadion Maguwoharjo, Sleman, sebagai home base. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mewanti-wanti suporter soal kelanjutan Shopee Liga. Presiden Madura United Achsanul Qosasi setuju dengan Gugus Tugas COVID-19. Ia berharap Shopee Liga tak dipaksakan dengan melawan ketentuan pemerintah.

Robert juga menilai, PSSI Primavera hingga Garuda Select yang merupakan program mengirimkan para pemain muda bertalenta untuk berlatih dan mengikuti turnamen di luar negeri menjadi salah satu solusi. Bahkan bila konsisten dengan program tersebut, Robert meyakini, Indonesia berpeluang memiliki pesepak bola muda yang kompetitif di masa depan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan Indonesia untuk mengembangkan pembinaan pesepak bolanya meski belum memiliki kompetisi reguler atau infrastruktur sepak bola yang memadai.

Seperti sudah diprediksi oleh sang federasi atau operator liga untuk mensukseskan klub tertentu. Tetapi penulis punya alasan tertentu karena di federasi tercecer berbagai pejuang yang biasa bergelut dengan politik.

Kita punya keyakinan, seluruh suporter pun pasti akan saling membantu dalam memajukan sepakbola di negeri kita ini. Jadi kalau memang timnas mau juara atau menang dalam suatu pertandingan, ya harus bisa menang secara teknik dan fisik. Harus bisa berlari lebh cepat, lebih lama dan lebih kuat dari lawannya. Harus lebih pintar mengolah bola, menendang bola, mengumpan bola dan memainkan tak tik serta stategi.

Kalau gak, ya berarti menangnya cuma untung-untungan, alias kebetulan semata. Lebih lanjut, dalam skala geografi Eko mengklaim Shin Tae-Yong tidak akan kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan kebiasaan dan kebudayaan Indonesia.

PSSI yang merupakan induk dari sepak bola nasional ini terus berupaya membina Timnas dengan baik. Dana milyaran rupiah pun telah keluar, walau pun hasil yang didapat belum memuaskan semua pihak.

Pemain sepakbola Indonesia butuh waktu lebih lama untuk mengontrol dan mengoper bola. Hal inilah yang memudahkan pemain lawan mempunyai waktu mengejar dan menghadang sehingga menimbulkan benturan antar pemain sepak bola. Perekrutan Milla kala itu diawali dengan harapan bahwa Timnas tak hanya menggamit gelar juara, tetapi juga bermain cerdas dan modern. Bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo, punya cara khusus untuk mempersiapkan diri jelang dilanjutnya Liga. Liga Berjenjang ini merupakan salah satu program dari Kemenpora untuk membentuk kompetisi bagi pelaku sepak bola mulai dari kelompok umur U-12, U-14, U-16 tahun, serta mahasiswa yang menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

Dengan demikian, Shin Tae-Yong seharusnya bisa mendapat dukungan lebih dari PSSI dan pihak-pihak penting lainnya. Dengan berlakunya ketentuan tersebut maka ketum PSSI berharap sinergi dan kolaborasi bisa berjalan dengan baik. Meski sejatinya mereka semua pelatih kategori umur tetap berada di bawah pengawasan Shin Tae-Yong. Selain menjadi asissten di level timnas senior, Indra Sjafri juga didapuk sebagai pelatih utama timnas U-23 Indonesia.

Quipper adalah perusahaan teknologi pendidikan yang memiliki misi untuk membawa pendidikan terbaik ke seluruh pelosok dunia dan berkomitmen untuk menjadi bagian ekosistem pendidikan di Indonesia. Sayangnya, sejarah panjang sepakbola Indonesia belum mampu mengubah prestasi sepak bola Indonesia di kancah internasional. Butuh manajemen bola yang bertekad untuk merubah institusi sepak bola Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *